Economics

Sejenak Bersamanya


Belajar dari Karir Bisnis Muhammmad Rasulullah Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam*

Muhammad_wallpaper_Muhammad Rasulullah Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam telah meninggalkan sejarah yang menarik dalam dunia bisnis. Al-Mubarakfury (2010:71)menjelaskan bahwa pada umur 25 tahun, Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam dipercaya oleh Khadijah bintu Khuwailid (seorang pedagang sukses dan terhormat di Jazirah Arab) untuk menjadi manajer atas bisnisnya. Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam pun membuktikan bahwa keputusan tersebut tidak salah. Beliau memberikan keuntungan bisnis yang sangat besar bagi Khadijah bintu Khuwailid jika dibandingkan dengan pengelolaan orang lain yang dipercaya pada waktu sebelumnya.

Antonio (2007:82) menjelaskan bahwa selama lebih kurang 28 tahun, Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam menjadi pebisnis sukses yang terkenal di Yaman, Syiria, Basrah, Iraq, ‎Yordania, dan kota-kota perdagangan di Jazirah Arab, termasuk pasar regional di Jerash Yordania dimana di tempat tersebut setiap tahunnya diselenggarakan Jerash Carnivalyang mengundang artis dan musisi dunia. Perjalanan karir bisnis MuhammadŞalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam oleh Antonio (2007:87) digambarkan sebagai berikut:

  1. Umur 12-17 tahun Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallammelakukan magang (internship) pada pamannya, Abu Thalib.
  2. Umur 17 tahun, Abu Thalib mengizinkan Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam untuk mengelola bisnis secara mandiri. Hal ini berarti pada umur 17 tahun beliau telah menjadi bussiness manager.
  3. Umur 20-an, Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam mendapat kepercayaan dari para pemilik modal di Makkah untuk mengelola modal mereka. Dengan demikian, posisi beliau berkembang menjadi menjadi investment manager.
  4. Umur 25 tahun, Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam menikah dengan Khadijah bintu Khuwailid (radiya’l-Lahu’anha) dan terus terus mengelola perdagagangannya. Hal ini berarti, jenjang karir beliau naik menjadi bussiness owner.
  5. Ketika usia Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam menginjak pertengahan 30-an, beliau telah menjadi seorang investor dan mulai memiliki banyak waktu untuk memikirkan kondisi masyarakat. Masa seperti ini menurut Robert Kyosaki dalam Antonio (2007:87) diistilahkan sebagai financial freedom.

Kesuksesan Muhammad Şalla’l-Lahu‛alaihi wa Sallam tersebut, disebabkan karena kemuliaan sifat, kecerdikan, dan kejujurannya (Al-Mubarakfury, 2010:71). Allah Ta’alā berfirman dalam Qs. Al-Qalam [68]:4 :

 وإنك لعلى خلق عظيم

Wa innaka laalā khulukin azīm

”Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung”

Hal ini merupakan contoh nyata bagi umat Islam, khusunya para businessman bahwa kesuksesan dan keberkahan dalam perniagaan akan diperoleh ketika mendasarkan setiap perilakunya pada petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Secara lebih teknis adalah menjalankan perintah agar senantiasa berjuang, bekerja keras, dan menghadirkan kemuliaan budi pekerti ketika berbisnis. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

 وَقُلِ اعملوا فَسَيَرَى الله عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ

wa qul-i’malu fasayara-l-Lah ‘amalakum wa rasuuluhu wa-l-mu’minuun

 “Dan bekerjalah kalian, niscaya Allah akan melihat perbuatan kalian, dan Rasul-Nya serta orang-orang beriman”. (At-Taubah:105);

Dr. Muhammad Mahdi ‘Akif dalam Risalah Mursyid (2009) mengatakan: maksud dari ayat tersebut adalah keyakinan bahwa setiap perbuatan kita tidak dapat disembunyikan dihadapan Allah, Rasul-Nya dan juga orang-orang beriman, dan barangsiapa yang menyadari bahwa perbuatannya tidak dapat disembunyikan maka dirinya akan termotivasi dan senang melakukan perbuatan baik, menjauhi perbuatan jahat, memiliki semangat tinggi disertai dengan ikhlas karena Allah, karena itu semangat yang tinggi dan niat yang ikhlas jika bersatu maka akan mencapai tujuan yang diinginkan.

___________________________________________

*bagian dari penelitian PENGARUH IMPLEMENTASI SIFAT FAŢĀNAH DALAM KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI, Adistiar Prayoga (2011)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s