Our Civilzation

Penyembuh Bangsa


Bisakah luka yang teramat dalam ini nanti akan sembuh?

Bisakah kekecewaan bahkan keputusasaan yang mengiris-iris hati berpuluh-puluh juta sudara kita ini pada akhirnya nanti akan kikis? Adakah kemungkinan kita akan bisa merangkak naik ke bumi dari jurang yang teramat curam dan dalam?

Akankah api akan berkobar-kobar lagi?  Apakah asap akan membubung lagi dan memenuhi angkasa tanah air?Akankah kita semua akan bertabrakan lagi satu sama lain, jarah menjarah satu sama lain dengan pengorbanan yang tiada terkirakan? Adakah kemungkinan kita tahu tentang apa yang sebenarnya kita jalani?

Bersediakah kita sebenarnya untuk tahu persis apa yang sesungguhnya kita cari? Cakrawala yang manakah yang menjadi tujuan sebenarnya dari langkah-langkah itu?

Pernahkah kita bertanya bagaimana cara melangkah yang benar? Pernahkah kita mencoba menyesali hal-hal yang barangkali perlu disesali dari perilaku-perilaku kita yang kemarin?

Bisakah kita menumbuhkan kerendahhatian dibalik kebanggaan-kebanggaan? Masih tersediakah ruang di dalam dada kita dan akal kepala kita untuk sesekali berkata pada diri sendiri bahwa yang bersalah bukan hanya mereka,bahwa yang melakukan dosa bukan hanya dia, tetapi juga kita

Masih tersediakah peluang dalam kerendahan hati kita untuk mencari apapun saja yang kita perlukan meskipun terkadang kali menyakitkan diri kita sendiri Mencari hal-hal yang kita butuhkan, agar supaya sakit…sakit..sakit… Kita ini benar-benar sembuh total.

Sekurang-kurangnya dengan perasaan santai terhadap diri sendiri, bahwa yang disembuhkan nomor satu bukan yang ada di luar diri kita. Tetapi di dalam diri kita. Yang perlu utama kita lakukan adalah penyembuhan diri. Yang kita yakini bahwa yang betul-betul disembuhkan justru adalah segala sesuatu yang ada di dalam hati dan akal pikiran kita


Emha Ainun Nadjib; Album Menyorong Rembulan I photo courtesy: @ekadestra 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s